575 words • 3~4 min read

Njangan Ngaku Pecinta Kopi, Apabila Belum Mengetahui Jenis Biji Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia.

Ngakunya sih pecinta kopi, namun tidak tahu apa saja jenis kopi yang tersebar di seluruh penjuru nusantara yang mendunia. Apabila anda merupakan seorang pecinta kopi, anda harus mencoba jenis-jenis kopi nusantara yang mempunyai ciri khas masing-masing sesuai dengan wilayahnya. Biji kopi tanah air ini juga mendunia karena rasanya yang nikmat dan memiliki ciri khas yang berbeda dari biji kopi lainnya. apa sajakah biji kopi terbaik indonesia yang mendunia itu? Check this out

Kopi Wanema

Biji kopi yang ditemukan di wilayah timur indonesia memiliki cita rasa terbaik yang harus anda coba cicipi. Walaupun tidak terlalu populer dibandingkan jenis biji kopi lainnya, wanema mempunyai rasa kopi berkualitas tinggi. Kopi tersebut ditanam di sekitar tebing yang tingginya minimal 2km dari permukaan laut. Prosen panen serta medannya yang sulit dijangkau juga membuat biji kopi wanema semakin spesial. Anda dapat menemukan sedikit rasa pedas tapi manis seperti karamel pada jenis biji kopi yang satu ini. Pada saat ini, kopi khas wilayah papua ini sudah terimpor keluar negeri dan menjadi komoditas unggulan wamena.

Kopi Wanema

Kopi Bajawa

Biji kopi terbaik Indonesia yang mendunia selanjutnya yaitu kopi Bajawa flores. Kopi yang ditanam di daerah dataran tinggi flores ini memiliki keunikan yang tak dapat dianggap remeh. Tak hanya proses tanamnya yang bertempatkan di daerah yang masih alami, namun proses pembuatan biji kopi Nusa Tenggara Timur ini juga menjadi tradisi warga asli Bajawa yang diwariskan secara turun-temurun. Sebagaimana kopi arabica umumnya, biji kopi bajawa memiliki aroma khas buah dan juga mempunyai sedikit aroma mirip kacang. Serupa dengan kopi khas daerah timur Indonesia lainnya, biji kopi ini sudah mendunia dan pastilah salah satu kopi yang cocok anda coba cicipi sebagai pecinta kopi.

Kopi Bajawa

Kopi Puntang

Pulau jawa memegang gelar sebagai pulau dengan banyak biji kopi berkualitas, salah satunya yakni Kopi Puntang. Biji kopi yang berasal dari Gunung Puntang ini menyandang gelar juara dalam kompetisi Specialty Coffee Association Of America Expo tahun 2016 silam. Kopi Puntang mengantongi rasa yang mirip buah atau fruity, ini diakibatkan oleh pengaruh proses pengolalahannya serta faktor alam yang menentukan pengembangan biji kopi Puntang. Gunung Puntang itu sendiri memiliki nutrisi yang dibutuhkan tanaman kopi agar kopi-kopi yang ditanam dapat tumbuh subur dan mempunyai cita rasa istimewa.

Kopi Puntang

Kopi Kalosi

Biji kopi Agen Poker Online asal Tana Toraja ini merupakan salah satu kopi nasional yang tersohor lantaran kenikmatannya yang luar biasa. Perkebunan di daerah Tana Toraja umumnya tidak terlalu luas dan hanya dimiliki secara perorangan, tapi lokasinya tersebar merta dan jumlahnya pun sangat banyak. Tana Toraja sendiri terletak di Pronvinsi Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya bertempatkan di sebelah Utara Makassar. Ciri khas biji kopi Kalosi yang unik merupakan bentuknya yang tebal dan tingkat keasaman rendah, cita rasanya pun dominan pahit atau earthy.

Kopi Kalosi

Kopi Kintimani

Biji kopi ini berasal dari Pulau Dewata yang berlokasi tepatnya di Kecamatan Kintimati, Gunung Batur, Kabupaten Bangli. Kopi Kintimani ini tergolong unik, lantaran aroma serta cita rasanya yang didominasi asam citrus segar sehingga menghasilkan aroma bunga dengan kualitas asam dan kekentalan rendah.

Kopi Kintimani