567 words • 3~4 min read

Evolusi Warung Kopi, Tempat Nongkrong yang Digemari Oleh Semua Kalangan.

Pada era ini, mungkin sudah banyak masyarakat yang telah mengenal minuman dari biji kopi. Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui kapan tepatnya kedapi kopi pertama di dunia mulai beroperasi.
Warung kopi untuk jaman ini merupakan tempat nongkrong untuk minikmati secangkir kopi yang diseduh dengan berbagai macam jenis. Kedai kopi diciptakan dengan desain dan konsep menarik agar memberikan kenyamanan serta menambah daya tarik warung agar para pengunjung dapat menikmati suasana yang melingkupinya.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa warung kopi mengalami evolusi dari zaman ke zaman. Jauh sebelum warung kopi yang dikenal sekarang yakni modern serta dilengkapi dengan WiFi dan mesin-mesin canggih. Warung kopi telah ada dari sejak dahulu yang menjadikannya tidak lepas dari budaya dan ritual manusia dalam minuman kopi. Untuk evolusi-evolusi tersebut, sudah ada penjelasan singkat bagi anda yang ingin mengetahui sejarah evolusi warung kopi.

Warung Kopi Pertama di Dunia

Warung kopi pertama di dunia diketahui muncul pada tahun 1475. Warung kopi tersebut memiliki Kiva Han yang berada di Kota Konstantinopel(sekarang Instanbulm,Turki). Warung kopi ini disebut sebagai kedai kopi pertama yang buka dan melayani pengunjungnya dengan kopi khas turki di masa itu. Pada jaman itu pula, kopi merupakan unsur penting dalam kebudayaan Turki. Bahkan ada hukum yang menyebutkan bahwa apabila seorang suami tak memberikan pasokan kopi yang cukup untuk istrinya, maka istrinya memiliki hak untuk menceraikan sang suami. Oleh sebab itu kopi dijaman itu sangatlah penting dalam kebudayaan serta gaya hidup.

Warung Kopi Pertama di Dunia

Warung Kopi Pertama di Eropa

Warung kopi pertama yang menggunakan krim dan gula sebagai gabungannya tercatat didirikan di Eropa pada tahun 1529. Di masa itu, Kota Wina Austria di invasi oleh tentara Turki, dan para infanteri tersebut meninggalkan banyak sekali pasokan kopi di Wina saat mereka kalah dan melarikan diri dari kota tersebut. Kopi-kopi tersebut pun di klaim oleh Franz Georg Kolschitzky sebagai rampasan perang, kemudian Franz membuka sebuah kedai kopi yang diketahui sebagai kopi pertama di Eropa.

Franz Georg Kolschitzky pernah tinggal di Turki dan merupakan satu-satunya orang di Wina yang mengetahui betapa berharganya biji kopi. Mengingat bahwa biji kopi pada masa itu tidak terlalu populer seperti di jaman ini. Disitu juga Franz memperkenalkan ide untuk meminum kopi dengan menggunakan susu dan gula sebagai tambahannya. Gagasan tersebut pun mendapatkan sambutan baik dan sejak saat itulah mulai bermunculan warung-warung kopi yang tidak hanya menyediakan kopi namun juga makanan manis sebagai teman minum kopi. Popularitas tersebut membuat kopi meludak dan berkembang hingga ke Inggris.

Warung Kopi Pertama di Eropa

Warung Kopi Pertama di Inggris

Akibat merebaknya popularitas minum kopi di daerah Eropa, Agen Togel Online Inggris pun ikut andil dalam memanfaatkannya. Warung kopi pun diciptakan dan dibuka pada tahun 1652, walaupun tengah popular di Eropa, ide dibukanya warung kopi di Inggris tetap berkiblat dari Turki. Lantaran Inggris jugalah mengapa ada ‘tips’ yang dipakai oleh masyarakat sekarang untuk ucapan terima kasih terhadap barista. Cerita tersebut berawal dari orang-orang Inggris masa itu meletakkan uang koin ke dalam sebuah jar atau toples kaca agar dilayani dengan cepat saat memesan kopi. Sebenarnya banyak cerita unik lain yang ada dalam sejarah evolusi kopi, namun hanya bebera itu saja yang dapat dirankum untuk artikel ini.

Warung Kopi Pertama di Inggris