Beberapa Deretan List Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk di Dalamnya551 words • 3~4 min read

Beberapa Deretan List Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk di Dalamnya.

Kopi bisa tumbuh dengan baik di wilayah yang beriklim tropis. Wilayah perkebunan kopi pun tersebar mulai dari Amerika Selatan, Asia Tenggara dan selatan, serta beberapa wilayah di Afrika. Sebagian negara penghasil kopi terbesar di dunia berasal dari wilayah beriklim tropis. Awal mula kopi digunakan sebagai bahan kebutuhan masyarakat saat ketika bangsa-bangsa Eropa membawa bibit kopi dari Ethiopia dan dibudidayakan di negerinya. Oleh sebab itu, beberapa wilayah Eropa memanfaatkan daerah jajahannya yang terletak di daerah tropis agar dapat membudidayakan kopi.

Dikarenakan inilah mengapa kopi menjadi komoditas yang ramai diperdagangkan di dunia. Biji kopi atau ‘magic bean’ tersebut bila diseduh memang membuat daya magis yang dapat membikin siapa saja terlena pada kenikmatannya. Pada era perang dagang ini pun, banyak negara berlomba-lomba membudidayakan kopi serta menawarkan kopi-kopi terbaiknya. Adapun beberapa deretan list negara penghasil kopi terbesar di dunia diantaranya adalah.

Brazil

Negara yang memiliki julukan negara Samba ini merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Brazil juga berhasil mendominasi pasar ekspor kopi dari tahun 1830, negara yang memiliki wilayah sungai terpanjang kedua di dunia ini juga mengekspor 30% dari total perdangangan dunia akan kebutuhan kopi.Untuk ketenaran kopi di Brazil berawal dari masa penjajahan, sekitar abad ke16 sampei 18. Di masa itu, ada perkebunan yang terkenal yaitu Fazenda.

Perkebunan itu difungsikan untuk memproduksi kopi serta dikonsentrasikan di bagian timur laut negara Brazil. Perkebunan ini secara konsisten menggunakan teknik tradisional untuk menanam dan mengolah kopinya. Pada masa ini juga, perkebunan tersebut menghasilkan lebih dari setengah produksi kopi dunia. Di tahun 2016, Brazil sukses membudidayakan serta mengekspor lebih dari 2,5 juta ton kopi. Angka tersebut pun jauh di atas negara penghasil kopi terbesar lainnya yang pada tahun itu belum ada satupun yang dapat mencapai angka 2 juta ton.

Kopi Brazil

Indonesia

Sejarah perkopian di Indonesia menyebutkan bahwa pertama kali kopi masuk adalah pada tahun 1696. Dimana di tahun itu, Belanda atas nama VOC membawanya serta memproduksinya di Indonesia dengan sistem tanam paksa. Hal ini pun menjadi komoditas andalan VOC yang pada tahun 1700, itu terbukti sebab belanda sukses memonopoli pasar kopi dunia pada jaman itu dan pusatnya pun merupakan Pulau Jawa sebagai salah satunya.

Pasca kemerdekaan, sepak terjang perkebunan kopi di Indonesia sedikit terhambat. Tetapi, lantaran kegigihan para petani dan nasionalisasi perkebunan mantan pemerintahan Belanda. Laju perkopian dalam pertaniann pun mulai bangkit dan berkembang kembali. Hal tersebut dibuktikan pada tahun 2000, kopi Indonesia melejit ke daerah negara lainnya. Indonesia juga berhasil bersaing dari negara penghasil kopi terbesar dunia lainnya. Tahun 2016, Indonesia diperkirakan memproduksi sebesar 660.000 ton kopi serta menghasilkan cita rasa kopi unik yang diakui oleh masyarakat dunia sebagai salah satu yang terbaik.

Kopi Indonesia

Ethiopia

Ethiopia adalah negara dimana tanaman Kopi Arabica ditemukan pertama kali berabad-abad yang lalu. Tidak heran, negara ini menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Ethiopia juga sering dikaitkan dengan kopi lantaran ada satu dongeng terkenal dari Ethiopia, yakni ‘Khaldi dan Kambing yang Menari’

Walaupun dikenal berasal dari Situs Poker Online Ethiopia, namun tanaman ini dipopulerkan oleh bangsa Arab. Kopi tersebut diperkenalkan serta disebarkan oleh pedagang-pedagang Arab ke penjuru dunia melalui pelabuhan Mocha, Yaman.

Kopi Ethiopia